Senin, 30 Juli 2012

LAPORAN PELAKSANAAN OJL

PELAKSANAAN ON THE JOB LEARNING Drs. GEMBONG SMUADIYONO,M.Pd




A. Pelaksanaan Supervisi Manajerial

Pelaksanaan Supervisi Manajerial dalam hal ini pengawas memberikan bimbingan kepada sekolah, terkait penyusunan RKS, RKAS, RKJM yang mengacu pada Hasil EDS sekolah dan atau hasil Analisis Konteks sekolah. Adapun sekolah yang menjadi sasaran adalah SMK N 1 Pugung dan SMK Nurul Falah Pugung yang dilaksanakan pada Bulan Mei 2012, secara rinci RPM dan hasil dapat dilihat pada Laporan Supervisi Manajerial (terlampir).



B. Pelaksanaan Supervisi Akademik

Pelaksanaan Supervisi akademik, pengawas memberikan bimbingan teknis dan pendampingan kepada guru mata pelajaran, terkait dengan penyusunan Analisis Konteks, Analisis Standar Isi, Analisis SKL Mapel, penyusunan Dokumen I dan II Kurikulum sekolah. Dalam penyusunan Analisis SI ini, pengawas memberikan bantuan teknis dengan memanfaatkan Aplikasi Link-excel yang telah didisain sendiri, guna memudahkan dalam melakukan analisis. Adapun sekolah yang menjadi sasaran adalah hampir di semua sekolah binaan diantaranyan SMK N 1 Pugung, SMK Nurul Falah Pugung, SMK N 1 Talang Padang, SMK Muhammadiyah Gisting, SMK Muhammadiyah Kotaagung, SMP Muhammadiyah 1 Talang Padang, SMP PGRI 1 Pulau Panggung, yang dilaksanakan pada rentang Bulan Mei – Juli 2012, secara rinci RPA dan Program kegiatan yang dilaksanakan serta sebagian hasil dapat dilihat pada Laporan Supervisi Akademik (terlampir). Hal yang menarik bahwa hasil rekayasa aplikasi yang telah didisain, dimanfaatkan oleh beberapa sekolah di luar binaan pengawas, dan pengaawas berkesempatan untuk menyajikan trik penggunaan aplikasi di beberapa sekolah diantaranya di perkumpulan SMP Swasta Tanggamus, yang dikoordinatori oleh SMP Bhakti Gisting, serta salah satu sekolah SMK di Pringsewu.



C. Implementasi Program Induksi Guru Pemula

Pelaksanaan Program Induksi Guru Pemula (PIGP) pengawas memberikan bimbingan kepada sekolah, terkait penyusunan Program Induksi Guru Pemula yang mengacu pada Permendiknas No. 27 Tahun 2010, tentang Program Induksi Guru Pemula. Pelaksanaan kegiatan memiliki kendala dimana hampir di semua sekolah binaan pengawas, belum ada Guru PNS baru yang diinduksi, sehingga pengawas mengambil sampel salah satu guru di SMK N 1 Pugung yang dilakukan pada Bulan Juli 2012, secara rinci RPM dan hasil dapat dilihat pada Laporan PIGP (terlampir).



D. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dan Guru

Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dan Guru, pengawas memberikan bimbingan sekaligus penilaian kepada kepala sekolah dan guru, terkait dengan Penilaian Kinerja Guru dan Guru dengan Tugas Tambahan, yang mengacu pada Permendiknas No. 16 Tahun 2009, tentang Penilaian Kinerja Guru. Software yang telah dikembangkan disosialisasikan dan guru yang dinilai diminta untuk melakukan evaluasi diri dengan mengisi format penilaian yang telah diberikan, dari hasil penilaian yang diperoleh guru dapat melihat kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, dengan harapan kelemahan yang dimiliki dapat diambil sebagai acuan untuk melaksanakan PKB-nya masing-masing. Adapun format penilaian PK-Guru yang digunakan masih menggunakan format PK-Guru sebelum 12 Mei 2012, sehingga hasil penilaian baik Guru dan guru dengan tugas tambahan masih mengacu pada format lama. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada salah satu sekolah binaan pengawas, di SMK N 1 Talang Padang yang dilakukan pada Bulan Mei 2012, dengan sasaran Kepala Sekolah, Kepala Lab, Ketua Program Studi dan guru sejumlah seluruhnya 10 orang, secara rinci RPA dan hasil penilaian dapat dilihat pada Laporan PK-Guru (terlampir).



E. Program PKB Kepala Sekolah dan Guru

Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan program tindak lanjut dari hasil penilaian PK-Guru, terkait penyusunan PKB yang mengacu pada Permendiknas No. 16 Tahun 2009, tentang Program PKB. Pengawas mengambil sampel semua guru yang menjadi obyek PK-Guru di SMK N 1 Talang Padang (10 orang) yang dilakukan pada Bulan Mei 2012, secara rinci RPA dan hasil dapat dilihat pada Laporan PKB (terlampir).

F. PTS Pengembangan

Untuk PTS, pengawas sebagai peneliti, mengambil tema Penelitian Pengembangan, terkait dengan pengembangan Soft PK-Guru yang ada sebelumnya, dari soft yang ada dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan dbuat mengacu pada Buku I dan Buku II PKG, peneliti mencoba untuk dengan menggabungkan Nilai PK-Guru dan Nilai PK-Guru dengan tugas tambahan, kemudian dikonversikan pada Angka Kredit sesuai dengan Jenjang Jabatan Pangkat/Golongan Guru yang dinilai.



G. Implementasi Pendikar di Sekolah dan Pembelajaran

Pada pelaksanaan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa di sekolah, pengawas mencoba merekam pelaksanaannya dengan menggunakan instrumen yang dimiliki MKPS Tanggamus dipadukan dengan pemberian pembinaan implementasi dalam pembelajaran, pelaksanaan di uji cobakan di SMK Muhammadiyah Gisting pada bulan Mei 2012, secara rinci RPA dan hasil dapat dilihat pada Laporan Implementasi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (terlampir).



H. Materi Ajar Bahan Ajar

Materi Bahan ajar yang digunakan oleh pengawas disusun dan dibuat tersendiri, dalam bentuk Soft, seperti yang terlampir pada Folder 03 BHN AJR PMBINAAN (terlampir dalam bentuk Soft-CD)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar